Halaman

Sabtu, 13 Agustus 2011

Google Banned Massal domain co.cc

Saya pernah coba-coba membuat website dengan memanfaatkan doamin gratis dari co.cc setelah selesei http://belajart.co.cc kok ngga tampil-tampil ya dipencarian google ternyata beginilah sepenggal artikel yang saya temukan .Bagi pemilik blog dengan domain co.cc tentunya bertanya tanya kenapa semua blog site dengan domain co.cc menghilang dari google pencarian ? Kenapa seluruh domain co.cc tidak muncul di dalam Google pencarian ?
Dari jawaban Matt Cutts sang empunya google memberikan jawaban yaitu :
“This article reminds me of a Google webspam point of policy that I’ve been meaning to discuss for a long time. First, a definition: a “freehost” is a domain that will let anyone register a site on that domain. There’s lots and lots of high-quality freehosts out there (wordpress.com comes to mind).”

“We absolutely do try to be granular, but I wanted to mention that if we see a very large fraction of sites on a specific freehost be spammy or low-quality, we do reserve the right to take action on the freehost as a whole. I think most savvy search/SEO folks would understand this completely, but I figure it’s better to over-communicate than under-communicate.”
“This is not a new webspam policy. Other parts of Google do similar things. For example, talks about “bulk subdomain providers” (treat it as the same thing as a freehost) and they mention “To help protect users we recently modified those [malware scanning] systems to identify bulk subdomain services which are being abused. In some severe cases our systems may now flag the whole bulk domain.
Intinya Jawaban Google Tentang Hilangnya CO.CC dari Mesin Pencarian Google begini :
Google sudah berulang kali mengingatkan tentang Aturan kebijakan Google Web spam policy. Google berhak memberikan tindakan banned atau de indexing dari google pencarian bila ada suatu situs terdeteksi merupakan blog / site yang berkualitas rendah , diantaranya melakukan spam, menggunakan Content Farm , termasuk AGC dan Copasser, dan site / blog tersebut terdeteksi terdapat malware.
Termasuk disini google nampaknya sangat ketat memberlakukan aturan ini terhadap domain / site / blog yang menggunakan Freehosting dan sub domain dari ”penyedia subdomain masal” seperti penyedia Bulk Domain CO.CC.

Penjelasan Matt Cutts Pemilik Google bisa dibaca di :
Tindakan Google ini seiring dengan keluarnya jurus baru google pencarian baru yaitu Google Panda yang memang terbukti ampuh memberantas jutaan blog sampah di google pencarian yang marak akhir akhir ini
Tapi yang menjadi kontroversial adalah dengan adanya Banned masal Blog dengan domain co.cc, sehingga seluruh website blog dengan domain co.cc hilang dari google pencarian.
Dilaporkan sekitar 4 juta domain dari kurang lebih 30 juta Domain yang terdaftar co.cc yang terdeteksi melanggar kebijakan google ini namun nampaknya google akhirnya membanned seluruh domain co.cc termasuk TLD nya yaitu co.cc.
Jadi dengan adanya penerapan ini hanya karena 4 juta domain blog sampah terpaksa menganulir keseluruhan dari domain co.cc
Tindakan Google punishing terhadap co.cc di berbagai Forum SEO termasuk di Forum Webmaster nya google menuai perdebatan yang sangat sengit. Karena Google terkesan melakukan tindakan sepihak dan tidak proposional. Banyak yang mengangap tindakan ini merupakan arogansi dari google dan terkesan hal ini merupakan suatu persaingan bisnis yang tidak sehat. Sungguh merupakan hal yang tidak fair.

Kenapa hanya co.cc karena penyedia sub domain lain seperti cz.cc, co.tv , co.be dan masih banyak lagi penyedia sub domain masal tidak mendapat tindakan yang sama.
Kenapa juga blogger dengan blogspot nya yang nota bene juga penyedia layanan gratis sub domain blogspot tidak terkena tindakan ini, padahal banyak juga blog pada blogspot yang merupakan blog dengan kualitas rendah, dan terindikasi spam, dan malware .
Atau kah hanya karena bloggger merupakan milik dari Google sehingga aturan Google ini tidak diterapkan pada blogspot. Atau kah ada unsur diskriminasi google terhadap co.cc kah ? Lagi lagi pada ujung nya jawabanya adalah untuk mengamankan bisnis Google Incorporation.
Memang tidak di pungkiri saat ini google adalah pemegang peranan terbesar di dunia maya internet ini dengan Google Search Engine nya. Dan saat ini Google nampaknya menunjukan Powernya sebagai penguasa terbesar, sehingga bak Negara Amerika Serikat USA yang mersa dirinyalah penguasa Dunia sehingga bisa melakukan tindakan yang semena mena sesuai dengan keinginannya.

Perdebatan Alasan Banned Domain CO.CC oleh Google baca di:
http://www.google.com/support/forum/p/Webmasters/

Kita tunggu sama sama perkembangan tentang kontroversi Banned masal google terhadap co.cc ini. Apakah Second Level domain lain akan terus aman ? Karena CZ.CC, CO.TV, CO.BE dan WordPress samapai saat artikel ini saya tulis masih aman di Google Pencarian
Bagi yang mempunyai blog dengan domain co.cc semoga tidak menjadi berkecil hati dan putus asa, karena selain google masih ada mesin pencarian lain yaitu Yahoo dan Bing. Bila berniat untuk semakin serius memang disarankan untuk berganti ke Top Level Domain TLD yaitu com, net, org, biz dan TLD lainnya.

Sumber : http://www.esc-creation.com/2011/07/03/kontroversi-banned-masal-co-cc-dari-google-pencarian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cobalah dengan mengisi kolom komentar dibawah ini sebagai kritikan sekaligus perobahan bagi saya dengan tidak berbaur SPAM.