Halaman

Senin, 15 Agustus 2011

Cara Memformat Kartu Memori Yang Rusak Dengan Softwer

http://teknoqq.files.wordpress.com/2011/03/sandisk_12in1_usb_flash_memory_card_reader2.jpg?w=200&h=200Kerusakan pada kartu memori ini dapat disebut juga memori corrupt. Hal ini terjadi karena rusaknya sistem file (bukan kerusakan fisik) ciri-cirinya, yaitu memorinya tidak terdeteksi, atau terdeteksi tetapi tidak bisa dibuka.
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kartu memori
- Kesalahan waktu mencabut atau memasukkan kartu memory ke slot memori yang mengakibatkan terjadinya kerusakan fisik.
- Panas yang berlebihan ( terlalu sering digunakan )
- Kartu memory sering dipindah-pindahkan ke perangkat lain, misalnya kartu Micro SD handphone kita dipakai ke camera digital
- Adanya pengaruh medan magnet yang kuat
- dsb. Disini kita akan mencoba memperbaikinya dengan cara memformat kartu memori tersebut.
  • Menggunakan card reader yang terhubung ke PC
Caranya, Format lewat menu Windows Explorer.
1. Cabut kartu memori dari ponsel, masukkan ke memori card reader.Perhatikan : Jangan sembarangan mencabut memori dari ponsel. Khususnya pada ponsel dengan slot memori hotswap seperti pada N70, gunakan menu “Remove Memory” untuk mencabut memori ketika ponsel aktif. Untuk ponsel tanpa menu “Remove Memory”, sebaiknya nonaktifkan ponsel terlebih dahulu.
2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.
3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih sistem format file FAT.
4. Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai. Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line.
  • Format lewat Command Line
1. Di PC, klik Start –> Run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
3. Tunggu hingga selesai. Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa diperbaiki kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi atau kalau tidak dibuang saja
  • Format dengan Softwer
Selain dengan cara diatas, format kartu memori yang bermasalah bisa juga dilakukan dengan menggunakan Softwer khusus sebenarnya ada banyak Softwer-softwer nya tapi yang saya jelaskan satu Softwer yang cukup ampuh. Misalnya untuk kartu MMC tersedia Softwer MMCmedic Download disini Saya harus menjelaskan bahwa meskipun ada kemungkinan untuk memperbaiki kartu memori (memory card) anda namun tidak ada jaminan bahwa data yang disimpan dalam kartu memori (memory card) dapat dikembalikan, namun kita dapat menghemat tanpa harus membeli memori (memory card) baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cobalah dengan mengisi kolom komentar dibawah ini sebagai kritikan sekaligus perobahan bagi saya dengan tidak berbaur SPAM.